Audiensi dan Sosialisasi Program Studi Hukum Tata Negara bersama dengan SMAN 1 Plosoklaten Kediri

Kediri, 22 September 2022. Sejumlah 190 (seratus sembilan puluh) siswa/siswi pelajar SMAN 1 Plosoklaten hadir di IAIN Kediri pada hari Selasa, 20 September 2022. Dengan didampingi 10 (sepuluh) guru pendamping, kedatangan rombongan ini adalah dalam rangka Studi Kenal Alam dan Lingkungan (SKAL) bagi siswa/siswi di sekolah tersebut. Layanan Studi Kampus disiapkan sebagai sarana bagi IAIN Kediri untuk memberikan berbagai informasi seputar kampus kepada masyarakat, khususnya bagi pelajar tingkat SMA sebagai bahan referensi untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi.

Acara ini bertempat di Aula Lantai IV Gedung Perpustakaan IAIN Kediri dan dihadiri oleh para Pengelola Fakultas dan Prodi di lingkup IAIN Kediri. Tidak terkecuali Program Studi Hukum Tata Negara dari Fakultas Syariah yang dihadiri oleh Dr. Hj. Siti Nurhayati, S.H.I, M.Hum,  selaku Ketua Program Studi Hukum Tata Negara. Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Plosoklaten, Arief Rahman Hakim, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih karena sudah diterima dengan baik oleh IAIN Kediri dan berharap bahwa kegiatan ini mampu menjadi gambaran bagi anak didiknya untuk memilih dan menentukan masa depannya. 

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga meminta para siswa untuk menyimak materi dengan serius karena informasi yang disampaikan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih prodi yang diminati saat setelah lulus nantinya. Sementara itu, Drs. H. Achmad Heru Achadi Hari, M.Si. selaku Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Kediri menyampaikan sekilas terkait prospek berkuliah di IAIN Kediri yang dalam waktu dekat akan bertransformasi menjadi UIN. Beliau memaparkan profil dosen atau tenaga pengajar yang berkualitas lulusan doktor dalam negeri dan luar negeri, ragam pilihan program studi dengan akreditasinya hingga fasilitas kampus yang menunjang kegiatan belajar mengajar.

Secara khusus, pemaparan lebih detail terkait dengan materi keprodian disampaikan oleh perwakilan masing-masing program studi, sebagaimana Dr. Hj. Siti Nurhayati, S.H.I, M.Hum. yang menjelaskan tentang apa dan bagaimana Program Studi Hukum Tata Negara. Meskipun Prodi HTN merupakan prodi baru di Fakultas Syariah dan baru menerima mahasiswa sejak Tahun Akademik 2021/2022 namun prodi ini tergolong prospektif dan menjanjikan untuk ke depannya. Sebagaimana diketahui bahwa jumlah mahasiswa baru dari tahun sebelumnya dibandingkan dengan tahun akademik 2022/2023 ini ada kenaikan sebanyak 3x lipat. Hal ini menunjukkan antusiasme calon mahasiswa baru di dalam memilih prodi yang diinginkan. Di samping itu, beberapa prestasi juga sudah diraih oleh mahasiswa Prodi HTN. Salah satunya adalah sebagai pemateri dalam International Conference on APHUTARI di Banten pada tanggal 1-3 Agustus 2022 lalu.

Selanjutnya dalam sesi tanya-jawab, peserta siswa-siswi terlihat antusias dan bertanya lebih terperinci akan wawasan dan pemahaman seputar keprodian. Berhubung keterbatasan waktu jika masih terdapat hal-hal yang belum sempat disampaikan maka informasi seputar penerimaan mahasiswa baru IAIN Kediri bisa diakses dengan mudah melalui website resmi, baik dari Institusi, Fakultas hingga masing-masing prodi, khususnya Prodi HTN pada laman htn.iainkediri.ac.id. (MH)

Penulis : Muthiā€™ah Hijriyati

Editor  : Siti Nurhayati

Leave a Reply