Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Syariah IAIN Kediri dengan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya

Kediri, 30 Oktober 2022. Sebagai Program studi termuda di Fakultas Syariah, Program Studi Hukum Tata Negara berupaya untuk meningkatkan kualitas, mutu dan pengembangan prodi untuk ke depannya, termasuk juga dengan bersiap melaksanakan pengajuan akreditasi prodi untuk pertama kalinya. Bertempat di Laboratorium Hukum Fakultas Syariah IAIN Kediri, pelatihan dalam penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) ini diselenggarakan pada hari Selasa, 25 Oktober 2022 mulai pukul 09.00 WIB. Bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan ini adalah Dr. Abdul Mujib, M.A. dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Selain anggota tim akreditasi prodi yang terdiri dari dosen dan tenaga pendidik Fakultas Syariah, kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan, para Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Prodi baik Prodi HTN, HKI dan HES serta Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Kediri. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah IAIN Kediri, Dr. Khamim, M.Ag. menjelaskan bahwa pengajuan akreditasi Prodi HTN adalah rangkaian tugas UPPS dalam rangka pemenuhan kelengkapan administratif bagi prodi baru. Pun demikian bagi prodi HKI dan HES yang sudah memiliki status terakreditasi baik, dan diharapkan ke depannya akan mencapai akreditasi unggul.

Sementara itu, Dr. Abdul Mujib, M.A. yang merupakan asesor BAN-PT sekaligus dosen di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam kesempatan ini membedah dokumen kegiatan dalam LKPS yang kemudian dinarasikan dalam LED dan LKPS. Prodi HTN sendiri belum pernah mengajukan akreditasi hingga Ketua Prodi HTN, Dr. Hj. Siti Nurhayati, S.H.I, M.Hum. meminta tim akreditasi untuk banyak belajar dan menyimak pada kesempatan kali ini, terutama terkait penyusunan dokumen dengan 9 kriteria yang sesuai dengan standar BAN-PT. Terlebih dengan adanya hasil akreditasi yang diharapkan baik nantinya, akan memberi implikasi positif bagi prodi dan mahasiswa sebagai lulusan prodi HTN nantinya.

Penulis: Muthiā€™ah Hijriyati

Editor: Siti Nurhayati

Leave a Reply