Keikutsertaan Mahasiswa Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah IAIN Kediri dalam International Conference di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Kediri, 14 Agustus 2022

Sebagai rangkaian acara dari penyelenggaraan International Symposium and Conference on APHUTARI 2022 di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten adalah kegiatan presentasi paper yang dinyatakan lolos sebelumnya. Dalam hal ini, Program Studi Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah IAIN Kediri sendiri mengirimkan dua mahasiswanya sebagai perwakilan, yakni Fenolia Intan Saputri dan Amalia Firnanda.

Kedua mahasiswa Semester 3 (tiga) Prodi HTN ini menuliskan paper dengan judul “Pendekatan Hukum Islam terhadap Relevansi Pemberantasan Korupsi di Indonesia pada Era Modern”. Presentasi paper ini dilaksanakan pada hari kedua penyelenggaraan, yakni pada 2 Agustus 2022 pukul 13.00 hingga selesai di Ballroom Hotel Le Semar.

Sebelumnya, kedua mahasiswa HTN ini mengirimkan artikel untuk Call For Paper dalam International Symposium and Conference on APHUTARI yang mengambil tema Priority Fiqh In The Contemporary Islamic Legal Politics (Fiqh al-Uluwiyat fi al-Siyasah al-Syar’iyyah al-Mu’asirah). Hingga dalam surat Keputusan Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten nomor 2323 tertanggal 25 Juli 2022, dinyatakan bahwa artikel yang ditulis oleh kedua mahasiswa HTN Fakultas Syariah IAIN Kediri tersebut dinyatakan lolos dan mendapat kesempatan untuk mempresentasikan secara langsung artikel yang ditulis keduanya dihadapan panelis, baik dari dalam maupun luar negeri.

Selain membawa nama Prodi HTN Fakultas Syariah IAIN Kediri, kesempatan untuk menuliskan artikel ilmiah dan mempresentasikan secara umum juga menjadi pembelajaran serta pengalaman yang baik bagi mahasiswa HTN. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini yang didukung pula oleh Prodi HTN dan Fakultas Syariah diharapkan kedepannya akan banyak mahasiswa dan dosen Prodi HTN yang terlibat aktif dalam forum-forum ilmiah hingga membawa kebaikan untuk Prodi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah IAIN Kediri ke depannya (MH).

Leave a Reply