Pengenalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah IAIN Kediri

Kediri, 15 September 2022. Segenap mahasiswa Program Studi Hukum Tata Negara yang tergabung dalam Komunitas Mahasiswa Program Studi (KMPS) menyelenggarakan kegiatan orientasi terhadap mahasiswa baru Prodi HTN angkatan akademik 2022/2023.  Kegiatan orientasi ini berjudul Pengenalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) dan mengangkat tema “Membangun Mahasiswa/Mahasiswi Hukum Tata Negara (HTN) yang Intelektual”. Dalam PTMB ini sejumlah 66 Mahasiswa Baru (MABA) Prodi HTN Fakultas Syariah IAIN Kediri bergabung menjadi peserta bersama panitia dari KPMS Prodi HTN dan Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Syariah.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, yakni pada hari Jum’at, 9 September 2022 hingga Ahad, 11 September 2022. Pada hari pertama penyelenggaraan, acara ini berlangsung di Aula Rektorat Lantai IV dan dihadiri oleh Pimpinan Fakultas Syariah dan Prodi HTN. Berfokus pada materi dan kegiatan di lingkungan kampus, acara ini dibuka oleh Ketua Program Studi Hukum Tata Negara, Dr. Hj. Siti Nurhayati, S.H.I, M.Hum yang menyampaikan sambutan sekaligus materi tentang ke-HTN-an. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa saat ini mahasiswa baru sedang berada dalam posisi transisi. Transisi dari masa Aliyah/SMA ke kuliah, transisi dari kampung halaman ke kampung perantauan, dan transisi dari status siswa ke mahasiswa. Oleh karena itu beliau berpesan kepada mahasiswa untuk segera beradaptasi dengan lingkungan yang baru ini agar bisa mendukung proses studi yang dijalani dengan baik.

Melalui kegiatan PTMB ini diharapkan mahasiswa baru Prodi HTN mengetahui lebih mendalam tentang concern keilmuan yang akan dikaji selama menjalani proses perkuliahan. Terdapat pula materi “Analisis Diri” yang berfokus pada pengenalan mahasiswa terhadap tujuan dan passion diri sendiri yang akan dijalani sebagai mahasiswa.

Selanjutnya pada hari kedua dan ketiga, kegiatan bersifat outdoor dan bertempat di Masjid Joglo Wilis, Kediri. Fokus acara pada hari kedua adalah lebih pada diskusi dan sharing antara mahasiswa baru dengan Dema ataupun KMPS. Materi yang disampaikan di antaranya adalah tentang ke-mahasiswaan dan deep talk. Sedang pada hari ketiga, kegiatan lebih untuk mengakrabkan para mahasiswa antar angkatan dengan melaksanakan kegiatan olahraga dan outbond bersama. Seluruh rangkaian acara ini diharapkan menjadi sebuah sambutan “Selamat Datang” yang hangat dan hingga menumbuhkan rasa cinta dan bangga bagi para mahasiswa baru untuk belajar di Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah IAIN Kediri. (MH).

Leave a Reply